Polres Maluku Barat Daya Gelar Apel Pagi, Inilah Arahan Kapolres Sebagai Kesiapan Pelaksanaan Tugas

 

Polres Maluku Barat Daya – Dalam pelaksanaan tugas-tugas Kepolisan, kegiatan apel pagi merupakan kesiapan awal dalam memulai pekerjaan pada jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia, Polres Maluku Barat Daya menggelar apel pagi yang dipimpin oleh Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K bertempat di Lapangan Apel Polres MBD pada Senin pagi (31/07/2023).

Hadir dalam kegiatan Apel tersebut Waka Polres MBD Kompol Djesy Batara, S.Sos, Kabag Ops AKP John R. Soplanit, Kabag SDM AKP Franklin Pattinasarani, para PJU / Perwira Polres MBD serta peserta apel yang terdiri dari Personel Kompi 4 Yon. C Brimob MBD, Personel Polsek Moa Lakor serta seluruh personel Polres MBD pada Bagian, Satuan dan Seksi.

Dalam arahannya Kapolres mengatakan, “ Dalam pelaksanaan tugas-tugas Kepolisian, jadikan situasi yang aman dan kondusif berjalan dengan sepenuhnya sesuai pelaksanaan kegiatan kepolisian yang kita laksanakan, tidak itu dalam fungsi pre-emtif, preventif maupun represif. “

 

 

“ Kegiatan Kepolisian ataupun Kegiatan Rutin Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) tidak itu dalam hal fungsi pre-emtif, prefentif maupun represif tetap kita laksanakan, adanya ancaman ataupun kerawanan terhadap adanya stabilitas kamtibmas tetap dideteksi dan dilaporkan kepada pimpinan secara berjenjang oleh pengemban fungsi Intelijen tetap dilaksanakan guna mengantisipasi adanya prediksi ancaman ataupun potensi yang diduga akan timbul, “ ujar Kapolres.

Pada kesempatan apel ini Kapolres juga menjelaskan, “ untuk mengemban kegiatan preventif tidak hanya Satuan Samapta, tidak hanya Satuan Binmas namun tindakan pencegahan tetap dilaksanakan oleh seluruh personel polri, contohnya kegiatan patroli, kegiatan sambang, kegiatan yang dilakukan oleh bhabinkamtibmas serta kegiatan yang dilaksanakan oleh satuan fungsi lainnya. “

“ Pelaksanaan kegiatan pre-emtif dan preventif ini didukung oleh kegiatan Refresif yaitu kegiatan penegakkan hukum, bagaimana kita melaksanakan kegiatan memberikan kepastian hukum kepada pelapor maupun terlapor sesuai dengan kaidah penanganan yang dilaksanakan sebagai suatu aturan. “ tutur Kapolres.

 

 

Selain itu Kapolres juga menambahkan, dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI ke 78 pada tanggal 17 Agustus nanti, tentunya ada beberapa rangkaian kegiatan yang sedianya kita dukung bersama antara lain pertandingan sepak bola Bupati Cup, akan disusul pertandingan sepak Bola Dandim Cup maupun pertandingan lainnya, dengan adanya kegiatan ini saya meminta kepada kita untuk selalu peka serta meningkatkan kewaspadaan dengan tetap Satya Haprabu melaksanakan tugas sesuai dengan tempat ploting yang sudah ditentukan sesuai dengan surat perintah yang dikeluarkan.

“ Saya ingatkan lagi kepada kita sekalian bahwa sebagai Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam melaksanakan tugas hendaklah berpedoman pada Tupoksi dan kewajiban, lakukan secara baik dan benar dengan tidak adanya tendensi maupun kepentingan yang menumpangi, laksanakan tugas tersebut sesuai dengan beban dan kewajiban yang seharusnya dilaksanakan tanpa dibarengi dengan muatan-muatan lokal pada pelaksanaan hal tersebut, apabila dari hasil pelaksanaan tugas kita akan timbul reaksi ataupun respon kiranya dapat disikapi dengan baik, tidak memberikan steitmen pribadi yang dapat mengaburkan pelaksanaan tugas kita. “ tutup Kapolres MBD.

Related posts